Home » Social Media » Tips Cara Agar Tidak Terjebak dengan Infografi

Tips Cara Agar Tidak Terjebak dengan Infografi

infografi

Infografi adalah sebuah cara untuk memberikan informasi melalui fotografi yang dilakukan dengan perantara media sosial. Ini sama seperti ketika Anda mengunggah sebuah foto di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter atau media yang lain. Inti dari tindakan ini adalah untuk memberikan sebuah informasi melalui foto baik itu berisi tentang aktifitas pribadi, iklan, bisnis atau kepentingan yang lain. Semua orang bisa melakukan hal ini. Kemudian dari foto tersebut maka bisa memancing berbagai reaksi seperti rasa suka, tidak suka dan pendapat yang berbeda dari pengikut media sosial Anda. Ada beberapa orang yang berbagi foto kemudian menjadi masalah. Berikut ini adalah beberapa tips agar Anda tidak terjebak antara memberikan informasi atau memancing pro dan kontra.

Apakah Foto itu Bermanfaat untuk Orang Lain?

Sobat Kang-iwan.com Terkadang ada beberapa orang yang mengunggah foto mengenai berbagai aktifitas seperti makan di restoran, berlibur, macet di jalan atau di rumah sakit. Keputusan untuk memberikan foto itu sendiri harus memiliki latar belakang. Misalnya jika Anda sedang berada di jalanan yang sangat macet maka beritahu kondisi jalan mana yang sedang macet. Beberapa pengikut yang ingin mengetahui informasi tersebut pasti akan merasa sangat bermanfaat. Sementara foto yang seolah-olah hanya untuk kepentingan pamer biasanya jarang mendapatkan apresiasi.

Berikan Nilai Khusus untuk Foto Anda

Salah satu cara memberikan informasi lain lewat foto adalah memberikan nilai khusus pada foto itu agar bermanfaat. Salah satu contohnya adalah jika Anda sedang berlibur atau mengunjungi berbagai tempat yang menarik. Berikan foto-foto tentang tempat tersebut. Sesekali Anda tetap bisa memberikan foto yang menunjukkan jika Anda sedang berada di tempat tersebut. Kemudian untuk menambahkan  informasi maka berikan keterangan mengenai tempat tersebut. Susunan informasi bisa diberikan dalam kombinasi yang berbeda-beda, misal nama lokasi, jam, suasana, dan perasaan Anda.

Alasan Kuat Mengapa Orang Harus Membaca Informasi Anda

Gambaran lain yang harus diberikan dalam sebuah foto sebagai sumber informasi lewat media sosial adalah alasan yang kuat. Orang lain yang membaca informasi itu harus memiliki alasan yang kuat sehingga tidak membuang waktu hanya untuk menikmati foto saja. Misalnya adalah jenis foto tentang kegiatan Anda sebagai penulis buku. Maka Anda bisa memberikan foto yang menunjukkan ketika Anda memikirkan sebuah ide menulis, cerita atau berbagai kegiatan lain. Bahkan hanya untuk berjalan-jalan saja maka Anda tetap bisa memberikan informasi.

infografi

Jangan Memberikan Nilai yang Buruk

Ada beberapa orang yang mengunggah foto secara umum lewat media sosial padahal foto itu akan memberikan nilai yang buruk. Misalnya kasus foto yang disebarkan lewat instagram yang berisi ketika memburu binatang yang dilarang. Tentu saja foto ini akan memancing reaksi yang sangat keras. Foto itu bisa menjadi tersebar sementara pengaruhnya memang sangat buruk. Jenis foto ini bisa membuat Anda terjebak dalam situasi yang tidak menyenangkan. Jadi pertimbangkan dengan benar sebelum memberikan foto secara umum.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberikan gambaran informasi lewat foto. Berhubung media sosial memberikan cara yang lebih mudah untuk dikenal, maka foto harus dipilih dengan baik. Hindari memberikan foto hanya untuk pamer atau narsis namun tidak memberikan manfaat kepada orang lain. Lebih baik Anda memilih jenis foto yang benar-benar sesuai dengan tujuan, memberikan informasi dengan foto atau infografi.

Baca Juga Artikel Kami :

download video dari youtube, cara download video di youtube, cara download video dari youtube

Ingin Tau Cara Download Video dari Youtube? Ini Caranya!

Banyak orang yang belum tau tentang bagaimana cara download video dari youtube. Padahal di situs …