Home » Tutorial » Tips supaya Catridge Printer Awet dan Tahan Lama

Tips supaya Catridge Printer Awet dan Tahan Lama

Banyak sekali yang bertanya kenapa sih catridge printer sering sekali rusak dan umurnya pendek alias tidak tahan lama, sebenarnya usia penggunaan catridge akan sangat tergantung kepada cara kita memakai printer itu sendiri, selain bagaimana cara kita memakainya, bagaimana cara merawat printer juga merupakan salah satu faktor dari panjang atau pendeknya usia catridge printer.

printer, catridge, catridge printer, cara merawat catridge printer, cara merawat tinta printer, tips merawat catridge printer, tips merawat tinta printer

Sebelum kita membahas tips supaya catridge printer tahan lama, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu cara kerja dari sebuah printer, dalam sebuah printer ada yang disebut Head dan Catridge dimana keduanya memiliki fungsi yang berbeda, dimana head berfungsi untuk mengatur keluarnya tinta sedangkan Catridge adalah tempat atau wadah tampungan tinta yang mengalirkan tinta ke head. Untuk beberapa merk printer seperti Canon dan HP, head dan catridgnye dijadikan satu bagian sedangkan untuk printer Epson umumnya head dan catridgenya terpisah.

Lalu bagaimana head catridge ini bekerja? Jadi ketika ada perintah melakukan pencetakan, maka akan diproses oleh board printer, lalu board printer akan mengirimkan perintah ke head untuk melakukan proses pencetakan, selanjutnya head akan mengatur filamen pemanas yang ada didalamnya dengan tujuan mengatur tinta mana yang harus dikeluarkan untuk mencetak baik gambar maupun tulisan.

Jadi singkatnya cara kerjanya adalah dengan pemanasan tinta, sehingga tinta menjadi encer dan mudah untuk di semprotkan keluar lewat jalur lubang yg sangat kecil (nozzle). Pemanasan yang berlebihan akan membuat catridge cepat panas, maka fungsi tinta dalam hal ini sekaligus sebagai pendingin. Sehingga akan sangat riskan kalau membiarkan catridge terlalu lama kosong.

Head akan mengalami pemanasan yang berelebihan apabila melakukan pencetakan dalam jumlah banyak tanpa adanya jeda, selain itu juga bisa disebabkan karena tinta habis tapi masih melakukan proses pencetakan.

Berikut tips cara merawat catridge printer :

  1. Jangan melakukan pencetakan dalam jumlah banyak secara langsung, tapi kasih istirahat tiap 10 lembar, kira2x 2-5 menit, apalagi kalau mencetak dengan kualitas foto tentu harus diberikan istirahat yang cukup.
  2. Jangan biarkan tinta habis terlalu lama, lebih bagus lagi sebelum habis diisi tinta dulu.
  3. Jangan mendiamkan printer (tidak dipakai) lebih dari 5-7 hari. Jadi tiap minggu minimal harus digunakan sekali, baik yang tinta hitam maupun tinta warna (bisa mengunakannya untuk ngeprint foto 😆 ).
  4. Jangan sering gonta-ganti merk tinta, karen ke-enceran masing-masing merk tinta berbeda dan ini sangat berpengaruh pada head printer.
  5. Untuk printer Infus, pastikan tinta mengalir dengan lancar menuju ke catridge, jangan sampai tersumbat.
  6. Jangan isi tinta terlalu penuh karena akan menyebabkan tinta tidak keluar bahkan head akan bocor akibat tekanan yg terlalu berat dari tinta, jika hal ini terjadi maka sedot ulang tinta tersebut dengan refill kit yang ada.

Demikian sedikit tips cara merawat catridge printer yang bisa kang iwan berikan, semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua. 😎

Baca Juga Artikel Kami :

cara instal windows 7 dengan hardisk,cara instal windows 7 dengan hardisk eksternal,instal windows 7 dengan hardisk,instal windows 7 dengan hardisk eksternal,cara instal windows 7 menggunakan hardisk,cara instal windows 7 menggunakan hardisk eksternal,instal windows 7 menggunakan hardisk,instal windows 7 menggunakan hardisk eksternal,cara instal windows 7 pakai hardisk,cara instal windows 7 pakai hardisk eksternal,instal windows 7 pakai hardisk,instal windows 7 pakai hardisk eksternal,instalasi window 7 dengan menggunakan Hardisk Eksternal,cara instal windows ke hardisk external,cara membuat hardisk eksternal bootable

Cara Install Windows 7 dengan Hardisk Eksternal

Pada umumnya ketika kita menginstall Sistem Operasi (OS) Windows 7, kita akan menggunakan media DVD …